Notification

×

Iklan

Iklan

Menjelang Nataru, Polisi Malang Cek Kesehatan Pengemudi Angkutan Umum dan Truk

Rabu, 21 Desember 2022 | 22:26 WIB Last Updated 2024-03-04T09:11:12Z

 

KilasMalang.com -- Satuan Lalu lintas Polres Malang dan Dinas Perhubungan Kabupaten Malang melakukan tes urine dan pengecekan kelaikan kendaraan umum di Terminal Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang, (21/12/2022).


Kegiatan pengecekan gabungan juga diikuti oleh Urusan Kesehatan (Urkes) dan Satnarkoba Polres Malang. Hal ini dilakukan untuk memastikan sopir yang akan mengangkut penumpang mudik Natal dan tahun baru dalam kondisi baik dan tidak terpengaruh obat-obatan.



Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung mengatakan, kegiatan pengecekan dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan kendaraan maupun penumpang agar tidak terjadi kecelakaan dari faktor human error menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Tujuannya kesiapan menghadapi libur panjang Natal dan tahun baru, dan Operasi Lilin Semeru 2023," ucap AKP Agnis saat ditemui di Terminal Talangagung, Kepanjen, Rabu, (21/12) siang.


Kasatlantas menambahkan, sejumlah 50 kendaraan angkutan umum seperti bis, elf, maupun truk diperiksa dalam hal kelaikan jalan. Mulai dari ban, rem, hingga kesehatan pengemudi armada dilakukan pemeriksaan oleh petugas gabungan. Pengecekan dilakukan secara random untuk memeriksa urin dan kelayakan jalan kendaraan.

Para sopir angkutan itu diminta memberikan sampel urine untuk dicek apakah mengonsumsi narkotika atau tidak. Dari 50 sopir tersebut, seluruhnya dinyatakan negatif.


"Untuk seluruh kendaraan layak jalan, langsung dilakukan pengujian dari penguji Dishub Kabupaten Malang," ujarnya.

Lebih lanjut Agnis menjelaskan, terkait kesiapan menjelang pengamanan Nataru, Polres Malang akan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2023 pada Kamis, (22/12) besok. Sejumlah personel dari Polri, TNI, Pemkab, hingga unsur terkait dilibatkan dalam gelar pasukan tersebut.

Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan Nataru juga telah didirikan di guna meningkatkan pelayanan dalam Operasi Lilin Semeru 2023.

Total ada 5 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan yang tersebar di lokasi strategis di Kabupaten Malang. Yakni Pos Pelayanan Karanglo Singosari, Pos Pengamanan Kepuharjo Karangploso, Pos Bunut Wetan Pakis, Pos Jalibar Kepanjen, Pos Masjid Al Islah Sumberpucung dan Pos JLS Bantur.


Disinggung mengenai kemungkinan terjadi kemacetan selama libur Nataru, Kasatlantas mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan simulasi rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan volume kendaraan. Ia menyebut, sejumlah Tim Pengurai Kemacetan dari Satlantas, Dishub, dan personel yang siaga di Pos Pengamanan akan disebar untuk mengurai kemacetan.

"Kita akan sampaikan juga melalui media jalur alternatif yang bisa dilalui jika terjadi kemacetan," jelasnya.

Agnis menghimbau kepada masyarakat maupun pengemudi agar menjadikan keselamatan adalah prioritas utama, yakni dengan mempersiapkan kendaraan dan kesehatan sebelum berkendara.

"Persiapkan kendaraan dan kesehatan agar seluruhnya yang mengendarai dijalan, baik masuk maupun keluar Malang semua dalam keadaan selamat dan sehat," pungkasnya.

TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update