Notification

×

Iklan

Iklan

Survei Litbang Kompas: Ganjar Pranowo Lewati Prabowo Subianto

Selasa, 22 Agustus 2023 | 11:00 WIB Last Updated 2024-03-16T10:46:27Z


KilasMalang.com -- Tim Litbang Kompas melakukan survei elektabilitas bakal calon presiden, pada Agustus 2023. Sebagai hasilnya, bacapres asal PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo berada di posisi tertinggi, unggul tipis dari Prabowo Subianto sebagai bacapres Partai Gerindra.


Hasil ini keluar dalam simulasi terbuka, dengan sepuluh nama, tiga nama, dan tiga nama. Selisih dari hasil simulasi tersebut dikatakan masih dalam rentang margin of error.


“Elektabilitas Ganjar Pranowo 24,9 persen; Prabowo Subianto 24,6 persen, Anies Baswedan 12,7 persen,” seperti publikasi Litbang Kompas di Harian Kompas, Senin (21/8/2023).


Survei ini dilakukan secara tatap muka terhadap 1.364 responden di 28 provinsi, menggunakan margin of error +/- 2,65 persen.


Hasil Survei Elektabilitas Bacapres

Pada survei dalam simulasi pilihan terbuka itu, responden bebas menyebut nama yang dianggap layak menjadi presiden. Pada survei dengan sepuluh nama, Ganjar, Prabowo, dan Anies mencatatkan perolehan sebagai berikut ini:


Ganjar Pranowo: 29,6 persen

Prabowo Subianto: 27,1 persen

Anies Baswedan: 15,2 persen


Sementara itu pada skema lima nama, berikut ini perolehan masing-masing:


Ganjar Pranowo: 31,8 persen

Prabowo Subianto: 27,8 persen

Anies Baswedan: 15,6 persen


Pada simulasi dengan tiga nama, berikut ini perolehan ketiganya:


Ganjar Pranowo: 34,1 persen

Prabowo Subianto: 31,3 persen

Anies Baswedan: 19,2 persen


Dengan demikian, melihat hasil survei dengan sepuluh nama dan lima nama, suara untuk Prabowo maupun Anies relatif tidak berubah. Sementara itu, Ganjar terlihat menanjak. Sehingga, jarak keterpilihan Ganjar pun semakin lebar, baik dengan Prabowo maupun Anies.


Dalam Survei Indikator, Ganjar juga Reborn

Sementara itu, lembaga survei Indikator Politik Indonesia telah mempublikasikan hasil survei elektabilitas para capres menjelang Pilpres 2024.


Ada tiga nama dalam survei tersebut, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Ganjar berada di posisi pertama diikuti oleh Prabowo pada posisi kedua. Anies berada di tempat ketiga.


Survei ini dilakukan pada 15-21 Juli 2023, dengan populasi responden seluruh warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah pada saat survei berlangsung.


Sementara itu pada survei Voxpol Center, Prabowo Subianto diakui sebagai pemimpin yang memiliki kemampuan terbaik dalam mengelola konflik di antara para calon presiden lainnya.


Hal ini telah membawa Prabowo ke puncak elektabilitas menurut hasil survei oleh Lembaga Survei Voxpol Center periode 24 Juli hingga 2 Agustus 2023.


Hasil survei Voxpol Center menunjukkan Prabowo berada di posisi teratas dalam elektabilitas capres dalam simulasi dengan tiga nama.


Prabowo berhasil meraih dukungan sebesar 36,5 persen, diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan 30,4 persen, dan Anies Baswedan dengan 26,4 persen.


Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menyebut karakteristik kepemimpinan Prabowo menjadi faktor utama yang mengantarkan pada tingginya elektabilitasnya.

TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update