Notification

×

Iklan

Iklan

Perayaan Pawai Ogoh-Ogoh di Karang Tengah, Gelanggang, Pakisaji

Senin, 11 Maret 2024 | 00:34 WIB Last Updated 2024-03-12T04:55:24Z

Pakisaji, KilasMalang.com -- Hari Raya Nyepi adalah perayaan penting dalam agama Hindu yang dirayakan di kecamatan Pakisaji khususnya di Dusun Karang Tengah. 

Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal Baru Caka, yang merupakan awal tahun baru dalam kalender Saka, kalender Hindu. 

Pada Hari Raya Nyepi, umat Hindu mengamalkan tradisi-tradisi kuno yang menekankan pada kesunyian, refleksi, dan penyucian diri.


Kemudian, pada hari sebelum Nyepi, dilakukan upacara Bhuta Yadnya. Sebelum pelaksanaan Nyepi, terdapat sejumlah prosesi yang wajib dilaksanakan umat Hindu, salah satunya adalah pawai ogoh-ogoh atau pengerupukan pada satu hari sebelum Nyepi. 

Minggu (10/03/2024) Pukul 20:00 WIB bertempat di Lapangan Dusun Karang Tengah, Desa Gelanggang, Kecamatan Pakisaji, para pemuda-pemudi dari Dusun Karang tengah menggelar pengarakan ogoh-ogoh.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perbekel Desa Karang tengah beserta Perangkat Desa, Dinas se Karang Tengah, Babinsa dan Babinkamtibmas Dusun Karang tengah, Hansip, dan Pecalang.

Dalam kesempatannya, Perbekel Desa Karang Tengah mengucapkan selamat hari raya Nyepi tahun baru Caka 1946, semoga membawa kedamaian dan kesucian dalam hati serta memberikan energi positif untuk menghadapi tahun yang baru dengan semangat baru untuk membangun kemajuan desa. 


Sebelum pengarakan ogoh-ogoh, rangkaian pengerupukan diawali dengan upacara Tawur Agung Kesanga. 

Sementara itu, pengarakan ogoh-ogoh digelar pada sore atau sandhyakala hingga malam hari setelah melaksanakan upacara Mecaru di tempat tinggal.

Pada pelaksanaan pengerupukan, ogoh-ogoh akan mengelilingi desa adat dan diiringi oleh obor serta gamelan.

Setelah diarak mengelilingi desa, ogoh-ogoh tersebut kemudian dibakar (persalinan).

Pembakaran ogoh-ogoh dimaknai sebagai upaya memusnahkan kejahatan yang disimbolkan dengan Bhuta Kala di bumi.

Keesokan harinya, masyarakat Dusun karang Tengah merayakan Tahun Baru Caka atau Hari Raya Nyepi dengan keheningan dan melaksanakan Catur Brata Penyepian. (Idur)
TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update